LATAR BELAKANG

Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita Pasoendan (PPSW Pasoendan) adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berdiri pada maret 2005, telah dan sedang melakukan kegiatan pengorganisasian masyarakat khususnya perempuan basis dengan melibatkan berbagai pihak. Pembentukan PPSW Pasoendan ini dilatar belakangi oleh persoalan perempuan yang terkait dengan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan buruh migrant perempuan yang terjadi di wilayah Propinsi Jawa Barat dan Banten.


PPSW Pasoendan adalah anggota Assosiasi PPSW (Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita), yang berdiri sejak tahun 1986, bekerja di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Barat, Riau dan Aceh. Karena dinamika organisasi, atas dasar kesepakatan bersama PPSW dan semangat otonomi daerah maka setiap wilayah kerja PPSW menjadi organisasi otonom. PPSW Pasoendan berupaya menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat, meningkatkan kapasitas dan membuka akses bagi kepemimpinan perempuan.


Wilayah kerja PPSW Pasoendan yaitu di propinsi Jawa Barat dan Banten, telah didampingi oleh PPSW sejak tahun 1992. Setelah otonom, PPSW Pasoendan  melanjutkan  pengembangan dengan terus menambah kelompok – kelompok perempuan di pelosok pedesaan di Jawa Barat dan Banten.

VISI DAN MISI

V i s i
Pemberdayaan perempuan & transformasi sosial bagi status dan peran perempuan dalam masyarakat melalui peningkatan akses dan kontrol perempuan terhadap sumberdaya yang ada dan dirinya, guna menciptakan tatanan masyarakat yang lebih egaliter, demokratis dan berkeadilan gender.


M i s i

  1. Meningkatkan taraf hidup, pengetahuan dan    kemampuan perempuan di     tingkat basis.
  2. Mengembangkan kapasitas kelembagaan lokal bagi perempuan dan kepemimpinan perempuan dengan pendekatan desentralisasi sumberdaya.
  3. Membangun gerakan bersama untuk mendorong dan menciptakan kebijakan lokal yang setara dan berkeadilan gender.


NILAI-NILAI DASAR

  1. Egaliter
  2. Demokratis
  3. Keadilan gender
  4. Kelestarian lingkungan
  5. Kearifan lokal


PENDEKATAN DAN STRATEGI

4(empat) pilar pengorganisasian yang akan dipakai sebagai strategi program :

  1. Membangun fondasi dengan penguatan visi  dan membangun misi PPSW Pasoendan.
  2. Meningkatkan kemampuan anggota kelompok .
  3. Mengembangkan organisasi dan jaringan yang akan bekerja khusus menangani persoalan yang di masyarakat.
  4. Melakukan advokasi kebijakan terkait permasalahan yang ada di masyarakat.

Mengorganisir kelompok-kelompok perempuan dengan pintu masuk ekonomi. Melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan isu-isu kesetaraan gender & pemberdayaan perempuan, terutama yang berada di strata sosial ekonomi terendah dalam masyarakat di daerah pedesaan. 

WILAYAH KERJA

PPSW Pasoendan bekerja di 8 kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat dan Banten, yaitu :

Provinsi Jawa Barat

  1. Sukabumi
  2. Karawang
  3. Cianjur
  4. Bogor


Provinsi Banten

  1. Pandeglang
  2. Lebak
  3. Serang
  4. Tangerang






STATUS ORGANISASI

Yayasan
No. : AHU-228.02.01 TAHUN 2013
Nama Notaris : Yani Jamiatusyarifah, SH.,M.Kn.
No Akte Pendirian : 34
Tanggal, 15 Oktober 2015

ALAMAT KANTOR

Jl. Rawa Indah III No 12 A Jaticempaka, Jatiwaringin, Pondok Gede Bekasi 17411

Telepon : (021) 849 00531

Fax       : (021) 849 00531

Email     : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

P R O G R A M

Pengorganisasian Masyarakat

Program ini merupakan kegiatan utama PPSW  Pasoendan untuk meningkatkan kesadaran kritis, menambah kapasitas dan menumbuhkan kepemimpinan perempuan. Pola pendekatan diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan situasi masyarakat. Tahapan pengorganisasian masyarakat yang dilakukan PPSW Pasoendan adalah konsolidasi, pembentukan kelompok perempuan, identifikasi persoalan di masyarakat dan menyusun agenda aksi bersama, pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi.


Data Desember 2015 ada sebanyak 9.777 orang perempuan yang bergabung dalam 232 kelompok,  berada di 119 desa, 38 kecamatan, di 8 kabupaten, 2 propinsi.




Pelatihan

PPSW Pasoendan memfasilitasi beragam pelatihan bagi mitra, masyarakat dan lembaga-lembaga lain yang membutuhkan. Pelatihan yang diberikan berkaitan dengan keterampilan teknis, manajerial dan pengembangan diri.

Pelatihan Dasar Kelompok :

  • Pelatihan Motivasi berkelompok.
  • Pelatihan Penyadaran Gender.
  • Pelatihan Manajemen Rumah Tangga.

Pelatihan Dasar Pengurus Kelompok :

  • Pelatihan Pembukuan.
  • Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen kelompok.
  • Pelatihan Asertif.

Seri Pelatihan Usaha :

  • Pelatihan Teknis Usaha
  • Pelatihan Kewirausahaan
  • Pelatihan Pemasaran

Pelatihan Pengorganisasian Masyarakat (CO)
Pelatihan SIYB.
Pelatihan Pendidikan Keuangan.
Pelatihan Penyadaran Kesehatan Reproduksi.
Pelatihan Paralegal


SEMINAR


PPSW Pasoendan memfasilitasi berbagai Seminar dan Lokakarya tingkat Kabupaten dan Propinsi sebagai bagian dari upaya advokasi  yang berkaitan dengan persoalan perempuan.

  • Seminar persiapan Program “Pemberdayaan Perempuan  Basis melalui Penguatan Ekonomi dan Peningkatan SDM  Forum & Pra Koperasi dampingan PPSW Pasoendan di Wilayah Perkebunan Teh Goalpara”  di tingkat kecamatan bersama dengan stakeholder dari dua desa di wilayah program di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi ( Desember 2014).
  • Seminar Penutupan Program “Pemberdayaan Perempuan  Basis melalui Penguatan Ekonomi dan Peningkatan SDM  Forum & Pra Koperasi dampingan PPSW Pasoendan di Wilayah Perkebunan Teh Goalpara”   dengan tema  “Berbagi Pengalaman Lapang Pendampingan  Perempuan di Wilayah Perkebunan Goalpara”  bersama dengan stakeholder dari unsur pemerintah, pengusaha, akademisi dan LSM/ Organisasi Masyarakat  tingkat Kabupaten, kecamatan dan dua desa di wilayah program di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Januari 2016).



Penerbitan

Program ini adalah merupakan sebagai upaya untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan informasi tentang proses pemberdayaan perempuan dari hasil temuan lapang maupun yang ditulis oleh para ahli.

B u k u :

  • Jejak Pejuang Posyandu di Karawang, tahun 2012.
  • Migrasi yang aman (3 buku),  tahun 2013.
  • Dasar dasar berkelompok, tahun 2015.
  • Dasar dasar koperasi,  tahun 2015.
  • Pentingnya Menabung, tahun 2015.
  • Pentingnya Kesehatan Lingkungan, tahun 2014 dan 2015.

 

V i d e o :

  • Meniti Tangga Kemandirian, Pengalaman Lapang pendampingan perempuan di Perkebunan, tahun 2015.

 

Keuangan Mikro

PPSW Pasoendan memfasilitasi  terbentuknya lembaga keuangan mikro di kelompok-kelompok dampingan dalam bentuk koperasi sebagai bagian dari program penguatan ekonomi perempuan di tingkat basis. sampai dengan Desember 2015, ada 192 kelompok pra koperasi, 39 koperasi primer dan 1 koperasi sekunder yang menjadi dampingan PPSW Pasoendan. dengan perkembangan kondisi keuangan dalam dua tahun terakhir sebagai berikut :

 

STRUKTUR ORGANISASI


Last Updated (Thursday, 20 October 2016 06:10)