Ekonomi Kerakyatan yang Responsif Gender untuk Peningkatan Kesejahteraan Perempuan.

bekerjasama dengan  ASPPUK .


Program ini bertujuan mempromosikan kebijakan dan anggaran ekonomi kerakyatan melalui kekuatan jaringan ASPPUK di tingkat daerah untuk kebutuhan dan kepentingan perempuan miskin. Lokasi program di kabupaten Pandeglang – Banten, dilaksanakan sejak bulan Oktober 2013 sampai dengan September 2015. PPSW Pasoendan sebagai implementator program ASPPUK dengan sumber dana dari Ford Foundation.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Januari – September 2015, adalah :

  • Pendampingan dan Penguatan Jarpuk melalui pertemuan kelompok setiap bulan sekali
  • Pertemuan dengan multistakeholder  dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2015 dan tanggal 6 April 2015,   di Kantor kecamatan Cisata, diikuti oleh kepala desa Cibarani, Kepala desa Cisereh, kepala desa Rawasari, dinas pemberdayaan perempuan, Diskoperindag , serta LSM lokal yang berada di kab. Pandeglang, pertemuan ini difasilitasi oleh PPSW Pasoendan. Hasilnya adalah adanya pemahaman bersama terhadap dokumen APBD kab Pandeglang tahun 2014.
  • Pertemuan Reguler aliansi di kantor desa Cibarani dilaksanakan setiap tiga bulan sekali  dan dihadiri dari pemerintahan desa,  dari LSM, dari UMKM Pandeglang, dari perwakilan KWPS-KWPS yang barada di kec. Cisata , Materi yang dibahas dalam pertemuan regular :  tindak lanjut hasil pertemuan dengan multistakeholder,  penyusunan kertas posisi, persiapan hearing ke DPRD Kab Pandeglang.
  • Hearing ke kantor DPRD Kab Pandeglang oleh Jarppuk dan perwakilan KWPS yang berada di Kec Cisata.

 


Output  dari kegiatan yang telah dilakukan,  yaitu :

 

  • Adanya pemahaman Jarpuk dan multistakeholder terhadap dokumen ABPD tahun 2014 kab Pandeglang yang dinilai belum responsive gender  jika dikaitkan dengan kebijakan yang ada di kabupaten Pandeglang, Pemerintah Daerah belum memberikan dukungan secara optimal terhadap pengembangan pelaku usaha mikro khususnya perempuan,  APBD kab Pandeglang tahun 2014 mengalokasikan anggaran yang responsif gender, dalam jumlah yang kecil  yaitu 5,5 M (0,83%) dari BL ( > 671M)  sedangkan nilai Total APBD kabupaten  Pandeglang tahun 2014  1,7 T
  • Guna mendorong agar kebijakan pemerintah mendukung perkembangan usaha mikro khususnya yang dijalankan perempuan basis, maka dilaksanakan kegiatan hearing kepada legislatif oleh Jarppuk dan perwakilan KWPS untuk menyerahkan usulan-usulan perbaikan yang dituangkan dalam kertas posisi.

 

Last Updated (Thursday, 20 October 2016 08:11)